RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor:
Sekolah : SMA
Mata Pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester : XI / 2
Standar
kompetensi : 10. Menyampaikan hasil penelitian dalam
diskusi atau seminar
Kompetensi Dasar : 10.1 Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan
bahasa yang baik dan benar
10.2 Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian
Indikator :1 Siswa dapat mempresentasikan hasil penelitian secara runtut
2. Siswa dapat menemukan hal-hal pokok dalam
uatu diskusi atau seminar.
3. Siswa dapat mengomentari hasil penelitian
orang lain.
4. Siswa dapat mengomentari tanggapan orang lain
terhadap hasil penelitian.
Alokasi
waktu : 4x40
menit ( 2 pertemuan)
1.
Materi
Pembelajaran ;
Penelitian
dalam diskusi atau seminar ;
·
Diskusi atau seminar
·
Pokok –pokok
permasalahan
·
Pola urutan
permasalahan ( jalannya diskusi)
·
Tanggapan diskusi.
2.
Metode
Pembelajaran:
a.
Contoh
b. Pemodelan
c. Penguasaan
3.
Langkah
– langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
a.
Kegiatan
awal
1.
Guru dan siswa bertanya
jawab tentang diskusi atau seminar .
2.
Siswa membentuk
kelompok 2- 4 orang.
b.
Kegiatan
Inti
1.
Siswa menonton contoh diskusi atau seminar yang
diputar guru.
2.
Siswa menyimak hasil
diskusi yang diputar secara berkelompok, perwakilan kelompok menyampaikan hasil
analisisnya.
3.
Siswa mengumpulkan hasil analisisnya.
4.
Siswa yang lainnya
menanggapi hasil analisis temannya.
c.
Kegiatan
akhir
1. Siswa
dan guru melakukan refleksi
2. Guru
memberitahu tugas untuk meneliti atau menganalisis diskusi atau seminar
ditelevisi, radio,bahkan di internet. Kemudian disusun hasil penelitian
tersebut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Pertemuan
kedua
a.
Kegiatan
awal
1.
Guru dan siswa bertanya
jawab tentang tugas yang sebelumnya diberikan.
b.
Kegiatan
Inti
1.
Siswa mempresentasikan hasil penelitian tentang
diskusi atau seminar dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
2.
Siswa lain mencatat
hal-hal pokok kemudian menanggapi hasil penelitian teman yang presentasi.
3.
Siswa menggunpulkan
tugas masing-masing
c.
Kegiatan
akhir
1. Siswa
dan guru melakukan refleksi
4. Sumber belajar
a.
Buku pelajaran bahasa
dan sastra indonesia
b.
Audiovisual tentang
diskusi
5.
Penilaian
a. Teknik
: Penugasan
b. Bentuk
Instrumen: Tes uraian
c. Soal
/ Instrumen ; ....
1. Tanggapan
terhadap penelitian teman ;
·
Pelafalan ( benar: 3, kurang: 2,
salah: 1 )
·
Intonasi ( tepat: 3, kurang: 2,
salah: 1)
·
Kelancaran ( lancar: 3, kurang: 2, tidak
lancar: 1)
·
Bahasa ( efektif: 3, kurang: 2,
tidak efektif: 1)
2. Siswa
yang paling sering menanggapi dan memberikan pertanyaan
· Sering bertanya ( sering sekali: 3, jarang bertanya: 2, tidak bertanya: 1)
Jumlah
skor maksimal=15
· Nilai akhir =
Mengetahui
Kepala
sekolah Guru
mata pelajaran
JATMIKO HADI SUSANTO MUHAMMAD NURUL H.
NIP 19900511 201506 001 NIP.
19900512 201607 001
Tidak ada komentar:
Posting Komentar