Halaman

Label

Rabu, 16 Mei 2012

RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)


RENCANA PELAKSANAAN PEMBELAJARAN (RPP)
Nomor:
Sekolah                                   :  SMA
Mata Pelajaran                        : Bahasa Indonesia
Kelas / Semester                      : XI / 2
Standar kompetensi                  :  10. Menyampaikan hasil penelitian dalam diskusi atau seminar
Kompetensi Dasar                    : 10.1  Mempresentasikan hasil penelitian secara runtut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar
10.2 Mengomentari tanggapan orang lain terhadap presentasi hasil penelitian

Indikator                                   :1  Siswa dapat mempresentasikan hasil  penelitian secara runtut
                                                         2.  Siswa dapat menemukan hal-hal pokok dalam uatu diskusi atau seminar.
                                                         3.  Siswa dapat mengomentari hasil penelitian orang lain.
4.  Siswa dapat mengomentari tanggapan orang lain terhadap hasil penelitian.
Alokasi waktu                          :  4x40 menit ( 2 pertemuan)

1.                  Materi Pembelajaran            ;
Penelitian dalam diskusi atau seminar ;
·         Diskusi atau seminar
·         Pokok –pokok permasalahan
·         Pola urutan permasalahan ( jalannya diskusi)
·         Tanggapan diskusi.
2.              Metode Pembelajaran:
a.      Contoh
b.      Pemodelan
c.       Penguasaan
3.              Langkah – langkah Kegiatan Pembelajaran
Pertemuan pertama
a.      Kegiatan awal
1.      Guru dan siswa bertanya jawab tentang diskusi atau seminar .
2.      Siswa membentuk kelompok 2- 4 orang.
b.      Kegiatan Inti
1.      Siswa  menonton contoh diskusi atau seminar yang diputar guru.
2.      Siswa menyimak hasil diskusi yang diputar secara berkelompok, perwakilan kelompok menyampaikan hasil analisisnya.
3.      Siswa  mengumpulkan hasil analisisnya.
4.      Siswa yang lainnya menanggapi hasil analisis temannya.
c.       Kegiatan akhir
1.      Siswa dan guru melakukan refleksi
2.      Guru memberitahu tugas untuk meneliti atau menganalisis diskusi atau seminar ditelevisi, radio,bahkan di internet. Kemudian disusun hasil penelitian tersebut dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
Pertemuan kedua
a.      Kegiatan awal
1.      Guru dan siswa bertanya jawab tentang tugas yang sebelumnya diberikan.
b.      Kegiatan Inti
1.      Siswa  mempresentasikan hasil penelitian tentang diskusi atau seminar dengan menggunakan bahasa yang baik dan benar.
2.      Siswa lain mencatat hal-hal pokok kemudian menanggapi hasil penelitian teman yang presentasi.
3.      Siswa menggunpulkan tugas masing-masing
c.       Kegiatan akhir
1.    Siswa dan guru melakukan refleksi
4.      Sumber belajar
a.      Buku pelajaran bahasa dan sastra indonesia
b.      Audiovisual tentang diskusi

5.            Penilaian
a.       Teknik                   : Penugasan
b.      Bentuk Instrumen: Tes uraian
c.       Soal / Instrumen    ; ....
1.      Tanggapan terhadap penelitian teman ;
·         Pelafalan                      ( benar: 3, kurang: 2, salah: 1 )
·         Intonasi                       ( tepat: 3, kurang: 2, salah: 1)
·         Kelancaran                  ( lancar: 3, kurang: 2, tidak lancar: 1)
·         Bahasa                         ( efektif: 3, kurang: 2, tidak efektif: 1)
2.      Siswa yang paling sering menanggapi dan memberikan pertanyaan
·        Sering bertanya          ( sering sekali: 3, jarang bertanya: 2, tidak bertanya: 1)

Jumlah skor maksimal=15
·       Nilai akhir =



Mengetahui                                                                                                  
Kepala sekolah                                                                      Guru mata pelajaran

JATMIKO HADI SUSANTO                                             MUHAMMAD NURUL H.
NIP 19900511 201506 001                                                  NIP. 19900512 201607 001

Tidak ada komentar:

Posting Komentar