Rencana
pelaksanaan pembelajaran (RPP)
Sekolah : SMP
Mata
pelajaran : Bahasa Indonesia
Kelas/
Semester : VII/ 1
Standar
kompetens : 2. Mengungkapkan pengalaman
dan informasi melalui kegiatan bercerita dan menyampaikan pengumuman
Kompetensi
Dasar : 2.1
Menceritakan pengalaman
yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat efektif
Indikator :
1. Siswa
mampu menjelaskan kalimat-kalimat efektif dengan tepat
2. Siswa mampu menjelaskan ciri-ciri kalimat
efektif dengan tepat
3. Mampu
menyusun pokok-pokok pengalaman
mengesankan
4. Menceritakan
pengalaman yang paling mengesankan dengan menggunakan pilihan kata dan kalimat
efektif
5. Menunjukkan
sikap tatakrama dalam setiap pembelajaran
Alokasi
waktu : 1 x 20 menit (1 x
pertemuan)
A. MATERI
PEMBELAJARAN
Cara menceritakan
pengalaman
1. Pengertian
kalimat efektif
2. Ciri-ciri
kalimat efektif
3. Contoh
kalimat efektif
4. Cerita
pengalaman yang mengesankan
B. METODE
PEMBELAJARAN
1. Ceramah
2. Demonstrasi
C. LANGKAH-LANGKAH KEGIATAN PEMBELAJARAN
A.
|
Pembukaan
(2 menit)
|
a.
Salam
b. Berdoa
c.
Memotivasi siswa untuk belajar
d. Menyebutkan kompetensi yang akan dipelajari
e. Menjelaskan
pentingnya kompetensi
|
30 detik
30 detik
20 detik
20 detik
20 detik
|
B.
|
Isi
(17 menit)
|
a.
Menjelaskan pengertian kalimat
efektif
b.
Menjelaskan ciri-ciri kalimat
efektif
c.
Memberikan contoh kalimat efektif
d.
Beberapa siswa maju ke depan untuk membuat contoh kalimat
efektif yang lain
|
2 menit
4 menit
4 menit
5 menit
|
C.
|
Penutup
(3 menit)
|
a. Menyimpulkan
hasil pembelajaran (merefleksi terhadap pembelajaran yang telah dilakukan)
b. Tindak
lanjut: Siswa disuruh menyusun cerita pengalaman yang paling mengesankan dan
kemudian menceritakannya di
depan kelas
|
3 menit
|
D. SUMBER
BELAJAR
1.
Pengalaman pribadi dari
nara sumber/teman sekelas
2. Buku
teks
Mengetahui,
|
|
...........................................
|
Kepala SMP
|
|
Guru Mata Pelajaran
Muhammad
Nurul H.
NIM. 090210402113
|
Tidak ada komentar:
Posting Komentar