Halaman

Label

Selasa, 15 Mei 2012

Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi


Untuk Memenuhi Tugas Ujian Akhir Semester Mata Kuliah Pengantar Teknologi Informasi dan Komunikasi


Tugas Akhir

Disusun Oleh:

Muhannad Nurul Hidayah (090210402113)
 Soal:
1.      Jelaskan tentang kemampuan Saudara dalam bidang Teknologi Informasi dan Komunikasi (khususnya komputer), dan bagaimana/untuk apa saja Saudara memanfaatkan komputer.
2.      Menurut Saudara, bagaimanakah pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam kegiatan pembelajaran di sekolah saat ini serta apa saja tantangan dan kendalanya? ( lakukan kajian pustaka, sebutkan sumbernya.)

3.      Sebagai calon guru di masa yang akan datang, hal-hal penting apa sajakah yang perlu Saudara siapkan terkait dengan pemanfaatan Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam dunia pendidikan.

Jawaban:
  1. Kemampuan komputer yang saya kuasai adalah microsoft word dari microsoft word sampai microsoft power point, didalam office ini saya dapat memanfaatkan untuk mengerjakan tugas dan bermacam-macam kegiatan lain yang berhubungan dengan perkantoran, saya menggunakan microsoft excel untuk memrogramkan layanan internet yaitu untuk pembayarannya atau menghitung data transaksi yang berlangsung, excel juga saya gunakan untuk mengetes keakuratan data yang diragukan seperti primbon jawa (legi, pon, kliwon, wage, dan pahing) jika kita menggunakan hitungan manual tentunya akan kesulitan.
Aplikasi yang saya tahu adalah Nero,  yaitu aplikasi untuk memindah file ke dalam CD dengan jalan di burning ata di bakar. Aplikasi ini saya gunakan untuk menyimpan file-file yang ada di USB ke dalam CD. Sebenarnya aplikasi inii tidak hanya di buat untuh menyimpan data saja, akan tetapi dapat juga digunakan untuk meyimpan file-file MP3,MP4, bahkan foto bisa di simpan dalam CD melalui aplikasi ini. Aplikasi lainnya adalah adope photoshop, saya memanfaatkan aplikasi ini untuk mengedit foto agar foto itu tidak seperti foto standar, apilkasi ini bukan hanya untuk mengedit foto saja, akan tetapi dapat merekayasa foto sesuai yang kita inginkan, sebenarnya aplikasi yang dapat mengedit foto bukan hanya adope photoshop saja, ada yang lain seperti photoscape, phoscene, paint, dan edi picture manager.

  1. Fungsi Teknologi Informasi dan Komunikasi dalam pembelajaran.
Teknologi Informasi dan Komunikasi (TIK) memilliki tiga fungsi utama yang digunakan dalam kegiatan pembelajaran, yaitu (1) Teknologi berfungsi sebagai alat (tools), dalam hal ini TIK digunakan sebagai alat bantu bagi pengguna (user) atau siswa untuk membantu pembelajaran, misalnya dalam mengolah kata, mengolah angka, membuat unsur grafis, membuat database, membuat program administratif untuk siswa, guru dan staf, data kepegawaian, keungan dan sebagainya.(2) Teknologi berfungsi sebagai ilmu pengetahuan (science). Dalam hal ini teknologi sebagai bagian dari disiplin ilmu yang harus dikuasai oleh siswa. Misalnya teknologi komputer dipelajari oleh beberapa jurusan di perguruan tinggi seperti informatika, manajemen informasi, ilmu komputer. dalam pembelajaran di sekolah sesuai kurikulum 2006 terdapat mata pelajaran TIK sebagai ilmu pengetahuan yang harus dikuasi siswa semua kompetensinya. (3) Teknologi berfungsi sebagai bahan dan alat bantu untuk pembelajaran (literacy). dalam hal ini teknologi dimaknai sebagai bahan pembelajaran sekaligus sebagai alat bantu untuk menguasai sebuah kompetensi berbantuan komputer. Dalam hal ini komputer telah diprogram sedemikian rupa sehingga siswa dibimbing secara bertahap dengan menggunakan prinsip pembelajaran tuntas untuk menguasai kompetensi. dalam hal ini posisi teknologi tidak ubahnya sebagai guru yang berfungsi sebagai : fasilitator, motivator, transmiter, dan evaluator. Disinilah peran dan fungsi teknologi informasi untuk menghilangkan berkembangnya sel dua, tiga dan empat berkembang di banyak institusi pendidikan yaitu dengan cara:
(1) Meminimalisir kelemahan internal dengan mengadakan perkenalan teknologi informasi global dengan alat teknologi informasi itu sendiri (radio, televisi, computer )
(2) Mengembangkan teknologi informasi menjangkau seluruh daerah dengan teknologi informasi itu sendiri (Wireless Network connection, LAN ), dan
 (3) Pengembangan warga institusi pendidikan menjadi masyarakat berbasis teknologi informasi agar dapat terdampingan dengan teknologi informasi melalui alat-alat teknologi informasi.
Masalah Dan Hambatan Dalam Penggunaan Teknologi Informasi
Seperti teknologi lain yang telah hadir ke muka bumi ini, TI juga hadir dengan dialektika. Selain membawa banyak potensi manfaat, kehadiran TI juga dapat membawa masalah. Khususnya Internet, penyebaran informasi yang tidak mungkin terkendalikan telah membuka akses terhadap informasi yang tidak bermanfaat dan merusak moral. Karenanya, penyiapan etika siswa juga perlu dilakukan. Etika yang terinternalinasi dalam jiwa siswa adalah firewall terkuat dalam menghadang serangan informasi yang tidak berguna.
Venti ayu. 2009. Peranan Teknologi Infoormasi Dalam Pembelejaran. Tersedia di http://ventidanokarsa.blogspot.com Diakses pada tanggal 18 mei 2011
  1. Pada saat ini masih ter dapat siswa yang belum menguasai komputer( teknologi informasi). Hal ini disebabkan karena mereka tidak akrab dengan yang namanya teknologi terutama komputer. Jika kelak saya menjadi guru, hal-hal  yang akan saya lakukan adalah membuat akrab sisiwa dengan teknologi informasi terutama komputer. Mayoritas pelajaran yang akan saya ajarkan akan saya kaitkan dengan teknologi informasi, dari metode pembelajaran, media pembelajaran sampai ke tugas-tugas  akan say a kaitkan dengan teknologi infomasi,dengan begitu siswa akan lebih akrab dan lebih menguasai teknologi informasi secara tidak langsung. Dalam pembelajaran seperti ini siswa tidak akan merasa bosan, siswa akan belajar dua hal dalam pembelajaran melalui media teknologi informasi ini, selain mendapat pengetahuan dari pembelajaran (materi) utama, siswa juga dapat belajar  tentang komputer, serta dapat mengasah keterampilan motorik siswa.
Dengan mengakrabkan teknologi pada siswa maka siswa  tidak akan merasa asing dan proses belajar mengajar akan berjalan maksimal karena siswa akan berantusias untuk mengikuti pembelajaran dengan media teknologi informasi.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar